Penjelasan Singkat tentang Jenis-Jenis Paragraf dan Contoh Soal

Penjelasan Singkat tentang Jenis-Jenis Paragraf dan Contoh Soal – Saat mempelajari Bahasa Indonesia, kita sering mendengar tentang paragraf deskripsi, paragraf argumentasi, dan sebagainya. Ada berapakah jenis paragraf dalam Bahasa Indonesia dan apakah penjelasan untuk setiap jenis paragraf tersebut? Berikut adalah penjelasan singkat tentang jenis-jenis paragraf beserta contoh soalnya.

A. Pengertian Paragraf

Paragraf adalah sebuah bagian singkat dari sebuah teks yang terdiri dari minimal satu kalimat dan dimulai dari baris baru. Sebuah paragraf biasanya membahas mengenai sebuah ide, deskripsi, peristiwa, dan sebagainya.

B. Jenis – Jenis Paragraf

Paragraf terbagi menjadi lima jenis yaitu sebagai berikut.

1) Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang berfungsi untuk mengajak para pembacanya untuk ikut merasakan apa yang diceritakan oleh sang penulis.

Contoh Paragraf Deskripsi:

Langit masih hitam pekat. Sang surya masih enggan menampakkan kegagahannya. Ayam pun masih enggan berkokok. Warga kampung itu masih asyik dengan mimpi mereka. Namun, ada satu rumah yang terlihat berbeda. Rumah itu sudah dihiasi dengan tanda – tanda kehidupan. Terdengar suara orang yang sedang menimba air.

2) Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk menerangkan suatu hal kepada para pembacanya.

Contoh Paragraf Eksposisi:

Jatuhnya sebuah pesawat airbus A300-600 yang berkapasitas 266 penumpang adalah peristiwa kedua bagi American Airlines. Mesin kiri dari pesawat tersebut tiba-tiba lepas dari dudukannya beberapa detik setelah lepas landas dari bandar udara internasional O’Hare Chicago. Dengan jatuhnya mesin yang berbobot 5 ton tersebut, keseimbangan pesawat mendadak berubah sehingga pilot tidak bisa mengendalikan pesawat dengan baik. Pesawat tersebut menghujam tempat parkir kendaraan beberapa detik kemudian dan penumpang pesawat beserta awak pesawat tewas seketika.

Baca Juga:  Contoh Surat Pernyataan Kehilangan STNK, Ijazah, dan KTP

3) Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Dalam paragraf narasi terdapat alur cerita, tokoh, konflik, dan latar cerita.

Contoh Paragraf Narasi:

Untuk liburan kali ini, aku dan keluargaku berlibur ke kampung ibuku yaitu di Yogyakarta. Pada hari tanggal 19 Maret, aku sudah berbenah dan menyiapkan semua perbekalan yang kami perlukan. Tak lupa juga aku membantu ibuku menyiapkan pakaian yang akan dipakai oleh adikku. Sepanjang perjalanan, aku dan adikku tak berhenti bercanda. Ibuku pun bercerita tentang masa kecilnya di kampung. Tak terasa perjalanan kurang lebih dua belas jam sudah dilampaui. Kami pun sudah sampai. Sesampainya di sana, kami pun disambut nenek dan kakek. Suasana di rumah nenek ramai sekali. Ternyata ada saudara sepupuku yang juga berlibur ke rumah nenek. Liburan sekolahku kali ini pasti akan sangat menyeangkan.

4) Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan para pembaca bahwa hal yang dikemukakan adalah benar dengan cara mengajukan sejumlah fakta dalam paragraf tersebut.

Baca Juga:  Contoh Surat Pengumuman Resmi Lengkap

Contoh Paragraf Argumentasi:

Hampir di setiap kota – kota besar di Indonesia memiliki masalah pencemaran lingkungan. Pembuangan limbah industri dari pabrik – pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur, polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin banyak, dan ulah masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan merupakan beberapa sebab terjadinya pencemaran lingkungan. Akibat dari pencemaran tersebut kerugian yang cukup besar pun terjadi, seperti menyebarnya berbagai virus dan bakteri, udara menjadi kotor dan tidak sehat, terjadinya bencana banjir karena saluran – saluran air tersumbat oleh sampah, dan menjangkitnya wabah penyakit.

5) Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat sang penulis dengan disertai berbagai bukti dan fakta.

6) Contoh Paragraf Persuasi:

Untuk menjaga kesehatan tidak cukup dengan hanya minum vitamin. Olahraga pun juga sangat penting. Dengan berolahraga secara rutin, otomatis aliran darah kita pun akan menjadi lancar. Jantung pun juga sehat. Ditambah lagi pikiran kita akan menjadi lebih segar setelah berolahraga. Jadi, jika ingin menjadi sehat rajinlah berolahraga.

C. Contoh Soal

Bacalah paragraf berikut dengan seksama!

(1) Mengonsumsi makanan yang sehat dan dengan porsi yang seimbang adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat. (2) Pola makan yang baik yang telah dianjurkan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung tiga kelompok zat nutrisi, yaitu sumber zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. (3) Makanan yang tergolong dalam sumber zat tenaga antara lain umbi – umbian, nasi, gula, tepung – tepungan, dan minyak. (4) Jika makanan sebagai sumber tenaga mengandung karbohidrat, lain halnya dengan makanan yang mengandung zat pembangun, seperti daging ayam, ikan, daging sapi, susu, telur, dan kacang – kacangan, yang mengandung protein. (5) Sedangkan sumber zat pengatur dapat ditemui pada berbagai macam sayur dan buah, terutama yang berwarna hijau dan kuning.

Baca Juga:  Unsur Instrinsik Novel Laskar pelangi dan Penjelasannya

1. Ide pokok paragraf tersebut adalah …
A. Cara yang baik untuk memberikan asupan makanan
B. Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat
C. Asupan makanan sehat dan seimbang
D. Asupan makanan yang sehat untuk tumbuh kembang
E. Makanan yang sehat dan seimbang pada sayur dan buah.

Jawaban: C

2. Kalimat yang berisi fakta pada paragraf di atas ditunjukkan oleh nomor …
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

Jawaban: E

Demikianlah penjelasan singkat tentang jenis-jenis paragraf beserta contoh soalnya. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih!

  • Add Your Comment